Mafaat Coklat Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengetahi yang namanya Coklat. Bahkan semua orang suka dengan Coklat. Apalagi jika Coklat tersebut dari seseorang yang kita sayang, Hmmm. Pasti gi ngarep nie. Manfaat Coklatpun sudah di ketahui sudah lama, bahkan sejak zaman suku Aztec dan Arya percaya bahwa coklat adalah makanan para Dewa yang dikirim oleh Dewa Pertanian dari surga.

  • Kandungan dari Coklat 
Biji coklat mengandung alkanoid yang menyebabkan rasanya menjadi pahit. Selain itu biji coklat juga mengandung protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. 9% protein yang terkandung dalam biji coklat itu memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumplah besar. sehingga dengan kandungan yang demikian beragam, manfaat coklat bagi tubuh juga sangat beragam. Mungkin sebagian besar dari kita beranggapan bahwa coklat dapat membuat gigi kropos dan badan menjadi gemuk. Namun, sebuah studi di Universitas Harvard mengatakan jika kita melakukan aktivitas fisik yang berimbang dan memakan maanan yang berimbang pula. Maka kita tidak akan memperoleh hal yang seperti itu.
  • Mafaat mengonsumsi Coklat
  1. Menagkap radikal bebas : Manfaat ini di peroleh karena Antioksidan yang tinggi di dalam Coklat (3x lebih banyak dari teh). Antioksidan coklat yang tinggi di peroleh dari Flafanols, sejenis Flafanoid.
  2. Menurunkan tekanan Darah : Setiap kita memakan coklat, setiap itu juga Mood kita akan lebih baik dan stabil. Dari penelitian tersebut membuktikan bahwa coklat dapat menurunkan tekanan darah.
  3. Membuat tampak muda dan panjang Umur : Katekin adalah sebuah anti oksidan kuat yang terdapat dalam teh, Katekin dapat mencegah penuaan dini karena polusi dan radiasi. Hasil penelitian dari Belanda yang di ikuti oleh 200 pria diatas 20 tahun. Orang yang mengonsumsi coklat lebih besar mampu hidup lebih panjang dari pada orang yang memakan lebih sedikit ataupun sama sekali tidak memakan coklat.
  4. Membuat kita terjaga : Jika tidak suka dengan kopi, kita dapat memakan coklat agar tetap bisa terjaga. Karena coklat memiliki kandungan Theobromine dan Kafein sehingga memberi efek susah kantuk bagi yang mengonsusi nya.
  5. Penghilang Stress : Coklat mengandung Psikoaktif yang membuat rasa nyaman bagi yang mengonsumsinya. Ada beberapa kandungan seperti Caffeine, Theobromine, Methyl-xantine, dan Phenylethilalanine yang dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehinggadapat digunakan sebagai obat anti-depresi.
  6. Meningkanka Libido/Gairah : Coklat juga merupakan afrodisiak, yaitu dapat meningkatkan libido seseorang. Efek ini memberi gairah lebih tinggi kepada wanita yang mengonsusinya. Mereka pun mengakui bahwa coklat memberikan efek rileks jika mengonsumsinya. Mukin juga alasan ini yang membuat Coklat adalah salah satu kado terbaik yang diberikan.
Seperti itulah sebagian kecil dari coklat. Jika ingin mengonsumsi, konsumsi sewajarnya saja. Tetap jaga kesehatan. Terima kasih.

"Semoga Dapat Memberi Manfaat"

Tidak ada komentar: