Fenomena Kelindih Saat Tidur (Sleep Paralysis)


Pernah kita rasakan ketika membuka mata ketika tidur dan merasakan pikiran melayang-layang antara sadar dan tak sadar. Sambil berusaha untuk tersadar dan bangun tapi tubuh terasa dingin dan berat untuk bergerak, dada terasa sesak seperti terinjak oleh makhluk halus, dan ketika membuka mulut untuk berteriak. Tak ada sepatah katapun yang dapat keluar dari mulut. Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakannya dan sering kita sebut Ketindihan, Kelindih, ataupun Erep-erep.

Di lukisan abad pertengahan kelindihan digambarkan sebagai roh jahat yang sedang menduduki dada seseorang sehingga membuat takut dan sulit untuk bernafas. Sebagian besar masyarakat peristiwa Kelindih ini sering disangkutkan dengan Hal-hal mistis seperti diganggu oleh Hantu ataupun diajak oleh makhluk-makhluk goib untuk tinggal di dunianya karena ketika terbangun sering kali terlihat makhluk-makhluk halus ataupun bayangan yang gak jelas didekat kita. Seperti halnya dibeberapa tempat berikut.


Di budaya Afro-Amerika,
Gangguan tidur ini disebut the devil riding your back : hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.

Di budaya China,
Disebut gui ya shen : gangguan hantu yang sedang menaiki tubuh seseorang.

Di budaya Meksiko,
Disebut se me subio elmuerto : dipercaya adanya arwah dari orang yang meninggal ang menempel pada tubuh seseorang.

Di budaya Kamboja, Laos, dan Thailand,
Disebut pee umm : dimana seseorang yang tidur sedang didatangi oleh makhluk halus dan di ajak untuk tinggal di alamnya.

Di budaya Islandia,
Disebut mara : kata kuno dari island yang artinya hantu yang menduduki dada seseorang di waktu malam sehingga membuat orang tersebut sesak nafas dan mati lemas.

Di budaya Turkey,
Disebut kerabasan : makhluk yang menyerang orang dikala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil nafasnya.

Di budaya Jepang,
Disebut kanasibari : secara literatur diartikan mengikat. Jadi oleh masyarakat sekitar diartikan oleh dikalat oleh makhluk halus.

Di budaya Vietnam,
Disebut ma de : dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya bahwa peristiwa ini adalah makhluk halus sedang merasuki tubuh seseorang.

Di budaya Hungaria,
Disebut lidercnyomas : dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany(penyihir). Kata boszorkany diartikan menekan sehingga diartikan sebagai tekanan yang dilakukan oleh makhluk halus disaat tidur.

Di budaya Malta,
Peristiwa ini dianggap sebagai serangan Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui seseorang dengan merasukinya. Untuk terhindar dari Haiddiela, seseorang harus menaruh benda-benda perak seperti pisau dibawah bantal.

Di budaya New Guinea,
Peristiwa ini disebut Suk Ninmya. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia dimalam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun sering kali orang yang disantab rohnya terbangun sehingga terjadilah peristiwa seperti ini.

Tetapi janganlah takut, ntar malah gak mau tidur, hehe. Semua hanyalah Mitos masyarakat. Peristiwa ketika orang bangun tidur, ketika bernafas terasa sesak seperti tercekik, dada terasa sesak, sulit bergerak, sulit berteriak dalam bahasa medis disebut Sleep paralysis (karena tubuh tak bisa bergerak dan merasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja baik Laki-laki maupun Perempuan. Umunnya rata-rata umur yang mengalami kejadian ini pada umur 14-17 tahun. Sleep paralysis dapat terjadi dalam hitungan detik maupun menit. Yang menarik peristiwa ini juga di biasanya diberengi dengan munculnya bayangan atau sosok-sosok aneh disekitar tempat tidur. Makanya masyarakat sering menyangkutkan dengan hal-hal mistis.
Menurut Al Cheyne, penelitian dari universitas Waterloo, Kanada, Sleep paralysis adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM). Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahap. Tahap tidur paling ringan, tahap tidur lebih dalam, tahap tidur paling dalam, dan tahap REM. Pada saat inilah mimpi terjadi.
Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahap tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (hendak untuk tidur), Tahap tidur yang paling ringan, Langsung ketahap mimpi (REM). Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum terbangun, disinilah Sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tetapi belum bisa menggerakan anggota badan. Ditambah lagi ada sosok bayangan yang sebenarnya itu adalah bagian dari mimpi.
Sleep paralysis juga bisa disebabkan suatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya muncul stress dan terbawa dalam mimpi. Lingkungan kerjapun juga ikut terpengaruh, semisal anda bekerja dalam shift hingga kekurangan tidur ataupun anda memiliki tidur yang tidak teratur.
Meski biasa terjadi. Sleep paralysis patut diwaspadai. Pasalny keadaan ini bisa juga pertanda Nacolepsy (serangan tidur mendadak tanpa ada rasa kantuk), Sleep apnea (mendengkur), kecemasan atau depresi.
Jika sering mengalami kejadian ini, sebaiknya buat catatan pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu untuk mengatahui apa penyebabnya sehingga dapat mengetahui penanggulangannya. Jika penyebabnya adalah kelelahan, cobalah untuk banyak beristirahat. Usahakan untuk tidur 8-10 perhari setiap malam.
Perlu diketahui Sleep paralysis umumnya juga terjadi pada posisi tidur terlentang (wajah menghadap keatas dan keadaan hapir nyenyak atau hamper terjaga dari tidur). Maka dari itu kita perlu sesekali mengubah posisi tidur.
Jika Sleep paralysis dengan gejala lain bisa melakukan konsultasi dengan Dokter. Catatan yang anda buat sebelumnya juga dapat membantu Dokter untuk memeriksa masalah anda.
“Sehat itu Mahal”

Tidak ada komentar: